Terkenal Ketat, Ini 5 Trik Mudah Menghadapi Petugas Imigrasi di Jepang


Permasalahan imigrasi adalah kendala yang harus dipikirkan dengan baik sebelum berencana berlibur ke luar negeri. Setiap negara pasti akan memberlakukan aturan keamanan yang ketat. Di Asia, Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki aturan keamanan yang sangat selektif.

Aturan ketat di Jepang menjadi hal yang wajar, mengingat tingginya penyelundupan tenaga asing ilegal yang masuk ke sana setiap tahunnya. Nah, jika kamu gak mau terjebak proses pemeriksaan panjang di imigrasi, sebaiknya kamu memerhatikan hal-hal berikut ini.

1. Hindari adu argumen

Ini adalah hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum memulai perjalanan ke luar negeri. Sebisa mungkin untuk menghindari adu argumen.

Sebab itu akan membuat petugas semakin curiga kepadamu. Jika petugas mengajukan pertanyaan dan permintaan, lakukan dengan baik selagi sesuai dengan aturan keamanan.

2. Bersikap tenang, percaya diri dan hindari aksesori berlebihan

Kalau ke Jepang adalah pengalaman keluar negeri pertama bagimu, tetaplah bersikap tenang. Tidak hanya di Jepang sih, petugas imigrasi di setiap negara menghargai para pengunjung yang bisa diajak bekerja sama dalam proses pemeriksaan.

Hindari bermain gadget atau menggunakan earphone  di depan petugas, apalagi berfoto.  Kalau kamu berpergian dengan aksesori kepala seperti topi atau syal, sebaiknya kamu melepasnya di depan petugas.

Pasalnya, petugas akan memerhatikan pakaianmu dengan baik. Sehingga, jangan sampai terlihat mencurigakan ya.

3. Jangan ribet dengan barang bawaan

Ingat, kamu ke luar negeri buat liburan, bukan mudik alias pulang kampung. Minimalisir membawa barang yang tidak begitu dibutuhkan.

Jika petugas melakukan pengecekan dengan berbagai metode, misalnya anjing pelacak, kamu gak boleh merespon berlebihan. Kamu harus tetap membiarkan petugas menjalankan proses pengecekan.